Ayam Brahma Terbesar Dari Jenis Apa ?

Ayam brahma terbesar

Watchkopi – Ayam brahma terbesar seperti apa ? Dari jenis apakah ayam brahma terbesar yang ada di dunia ? Pada artikel kali ini, Watchkopi akan mengulas secara lengkap jenis ayam hias ini yang banyak disukai oleh pecinta ayam hias nusantara.

Banyak yang menjadikannya sebagai salah satu hewan peliharaan yang unik dan menggemaskan di perkarangan rumahnya. Mungkin ada salah satu di antara teman-teman Watchkopi yang juga memeliharanya.

Untuk teman-teman yang kebetulan juga memeliharanya, silakan berikan komentar mengenai hewan kesayangannya di bagian bawah kolom komentar yah.

Ayam Brahma

Hewan Ayam Brahma adalah hewan ayam hias yang mempunyai keunikan dari postur tubuhnya yang besar serta bulu yang sangat tebal. Mungkin banyak dari kita yang belum pernah mendengar jenis ayam hias ini.

Ayam ini berasal dari negara Amerika Serikat, yang mana pada mulanya merupakan ayam hasil dari kawin silang dengan ayam yang di datangkan dari Shanghai China sekitar tahun 1850-1930an.

Perkawinan silang yang di lakukan antara ayam Chochin dari China, dengan ayam Chittagong dari Bangladesh. Yang kemudian di kawinkan lagi dengan ayam malay sehingga mendapatkan ayam brahma terbesar berkualitas di kenal saat ini.

Jenis Ayam Brahma

Ayam brahma terbesar

Seperti yang di ketahui, ayam brahma itu sendiri terdiri dari beberapa macam dan jenisnya. Jenis yang di kenal yakni sebagai berikut :

  • Columbian Light, dengan ciri khasnya warna bulu di dominasi oleh warna putih dan memiliki totol-totol hitam di bagian leher serta ekornya. Jenis ayam yang satu ini yang paling populer di Indonesia.
  • Gold Partridge Brahma, ciri khasnya memiliki warna bulu kuning keemasan.
  • Blue Brahma, dengan warna abu-abu kombinasi hitam pada bagian leher dan badan bagian atasnya. Jenis Blue Brahma terbilang cukup langka.
  • Black Brahma, memiliki warna hitam polos dengan jengger serta kulit muka berwarna merah.
  • Buff Brahma, mempunyai warna bulu coklat kekuningan serta sedikit hitam di bagian buntutnya.
  • Brahma Mix Colour, yakni memiliki warna bulu bervariasi hasil campuran dari warna-warna yang ada pada jenis lainnya.

Jenis ayam brahma terbesar yakni Columbian Light mempunyai bobot mencapai 8Kg untuk ayam jantan, dan 6 kg untuk ayam betina. Dengan tinggi mencapai kurang lebih 75 Cm menjadikannya sebagai salah satu jenis ayam hias terbesar yang di kenal saat ini.

Baca Juga >> Sabung Ayam Online

Bisakah Dagingnya Dimakan ?

Di negara asalnya Amerika Serikat, pada mulanya memang merupakan jenis ayam yang di ternak untuk di manfaatkan daging dan telurnya.

Namun seiring berjalannya waktu, popularitasnya sebagai ayam pedaging dan petelur kalah dari jenis ayam baru hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh peternak ayam di Amerika Serikat.

Ayam baru hasil perkawinan silang yakni jenis Cornis Cross pada akhirnya menggantikan posisinya sebagai ayam pedaging dan petelur. Karena ayam yang baru ini lebih cepat besar dan menghasilkan telur yang lebih banyak.

Harga Ayam Brahma Terbesar

Semenjak itu, ayam yang satu ini bukan lagi menjadi jenis ayam di ternakkan untuk di manfaatkan daging maupun telurnya. Melainkan di jadikan sebagai jenis ayam hias yang di pelihara karena keindahan dan postur tubuhnya yang unik.

Untuk memeliharanya bukanlah hal yang mudah, memerlukan biaya yang cukup tinggi dan upaya lebih untuk dapat menghasilkan ayam brahma terbesar berkualitas.

Oleh sebab itu, harga ayam brahma terbesar berkualitas bagus bisa mencapai 15 juta rupiah perekornya. Untuk yang kualitas biasa-biasa saja harganya umumnya di kisaran 2 jutaan rupiah.

Updated: November 10, 2022 — 10:30 pm