Ayam Joper Adalah Ayam Daging Dan Beda Dengan Ayam Kampung

Ayam Joper adalah
Watchkopi – Ayam Joper adalah jenis ayam pedaging hasil perkawinan silang yang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan varietas ayam unggulan. Sepintas jika di lihat memiliki kesamaan dengan ayam kampung.

Pada artikel ini akan membahas apa saja yang menjadi pembeda antara ayam kampung asli .

Ayam Joper

Perkawinan silang pada hewan ayam merupakan salah satu cara untuk menghasilkan ayam dengan kualitas terbaik. Kawin silang pada ayam sudah dilakukan sejak jaman dulu.

Ayam Joper merupakan singkatan dari Jowo dan Super yang artinya adalah ayam dari hasil perkawinan silang antara dua jenis ayam. Dengan mengawinkan pejantan dari jenis ayam kampung ataupun ayam bangkok dengan betina dari jenis petelur coklat.

Dengan demikian dihasilkan ayam joper yang banyak diminati oleh banyak masyarakat akan kebutuhan daging ayam kampung untuk menggantikan ayam kampung asli.

Ciri Ciri Ayam Joper

Ayam Joper adalah

Adapun ciri-ciri dari ayam joper yakni sebagai berikut :

  • Jengger pada jantan besar serta tegap, dan memiliki banyak warna pada bulunya.
  • Memiliki warna dasar bulu bervariasi dari coklat, hitam, putih dan campuran dari warna tersebut.
  • Telur yang di hasilkan dari betina memiliki warna lebih coklat jika di bandingakan dengan telur ayam kampung asli.
  • Bentuk dari telur menyerupai bentuk dari telur ayam kampung asli..

Kenapa Di Katakan Ayam penghasil Daging?

Para pelaku bisnis peternakan ayam juga sangat menyukai untuk beternak ayam hasil perkawinan silang ini. Karena  memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dan waktu panen yang lebih singkat jika di bandingkan dengan ayam kampung asli.

Selain itu, daging di katakan lebih nikmat jika di bandingkan dengan daging ayam negri atau ayam broiler. Oleh sebab itu ayam joper di katakan ayam penghasil daging.

Baca Juga >> Hobi Sabung Ayam

Kini banyak masyarakat yang menjadikan ayam joper sebagai pengganti ayam kampung untuk memenuhi kebutuhan akan daging ayam. Dimana harga daging ayam joper relatif lebih murah jika di bandingan dengan daging ayam kampung asli.

Ayam Kampung Asli

Ayam kampung asli itu sendiri merupakan jenis ayam yang bukan berasal dari ras-ras tententu. Yang mana ayam kampung asli ini sudah di pelihara secara tradisional oleh banyak masyarakat sejak jaman dahulu dan tersebar di berbagai pelosok daerah.

Dulunya ayam kampung asli di pelihara dengan cara di lepas dan di biarkan berkeliaran secara bebas serta mencari makan sendiri. Namun seiring berjalan waktu, sudah banyak peternakan yang membudidayakan ayam kampung asli.

Ayam kampung asli yang sudah di budidayakan saat ini di kenal dengan sebutan ayam buras ( ayam bukan ras ). Ayam buras ini dapat menghasilkan daging ayam dan telur ayam yang lebih baik.

Pebedaan Ayam Joper Dan Ayam Kampung

Keduanya asli sama-sama merupakan ayam penghasil daging yang cukup populer di kalangan peternak dan konsumen.

Adapun perbedaan joper dan ayam kampung asli yakni sebagai berikut :

  • memiliki postur tubuh yang sedikit lebih besar di banding ayam kampung asli.
  • Telur joper berwarna coklat, sedangkan telur ayam kampung asli berwarna putih. Namun ukuran dan bentuk kedua telur terbilang sama satu sama lain.
  • Masa panen pada yakni 60 hari dengan bobot 1 kg, masa panen pada ayam kampung asli yakni 75 hari dengan bobot 1 kg.
  • Daya tahan lebih baik ketimbang ayam kampung asli.
  • memerlukan pakan makanan yang lebih sedikit di bandingkan dengan ayam kampung asli dalam menghasilkan bobot 1 kg.
  • Ayam kampung asli cenderung memiliki warna dasar bulu hitam, sedangkan pada warna dasar bulu bervariasi seperti coklat, putih, hitam dan campuran dari warna tersebut.
  • Daging lebih kenyal jika di bandingkan dengan daging ayam kampung asli.
Updated: November 10, 2022 — 10:15 pm