5 Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan , Dijamin Manjur

Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Watchkopi – 5 Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan , Dijamin Manjur. Pada artikel ini Watchkopi akan memberikan informasi 5 cara memperpanjang nafas ayam aduan dijamin manjur.

Sebagai ayam aduan, selain memiliki pukulan yang keras dan mematikan juga memerlukan nafas yang panjang dan tahan lama. Hal tersebut agar memperbesar kemungkinan ayam aduan kesayangan kita bisa memenangkan pertarungan di arena sabung ayam.

Apabila ayam aduan sudah memiliki pukulan yang keras, namun karena tidak memiliki nafas yang panjang kemudian berujung pada kekalahan ketika bertemu dengan lawan tanding yang tahan pukulan dan stamina yang kuat.

Agar hal tersebut tidak terjadi, penting bagi pecinta hobi sabung ayam untuk memahami pentingnya nafas ayam sebagai salah satu kunci untuk memperoleh kemenangan di arena sabung ayam.

Penyebab Ayam Nafas Pendek

Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Banyak di jumpai seekor ayam aduan ketika awal pertarungan di turunkan bermain cukup baik dengan melancarkan pukulan demi pukulan yang kuat dan keras ke lawan tarungnya. Namun karena ayam aduan tersebut memiliki nafas pendek sehingga mudah kelelahan dan berujung pada kekalahan.

Untuk di ketahui, penyebab ayam aduan nafas pendek terdiri dari beberapa faktor sebagai berikut :

  1. Berlatih secara berlebihan, ayam aduan menjalani pelatihan secara berlebihan sebelum bertarung akan mengakibatkan ayam menjadi stress dan kelelahan.
  2. Perawatan tidak teratur, dalam merawat ayam aduan di perlukan pelatihan serta pemberian makanan yang teratur agar perawatan pada ayam aduan dapat bermanfaat dengan maksimal.
  3. Faktor keturunan, merupakan salah satu faktor yang paling umum terjadi yang mana ayam aduan berasal dari indukan yang kurang berkualitas. Ayam akan mewarisi genetika dari sang indukan baik itu induk jantan maupun induk betinanya.

Faktor keturunan, pelatihan yang berlebihan serta perawatan yang tidak teratur akan berdampak pada nafas ayam yang pendek dan tidak tahan lama di arena sabung ayam.

Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan pelatihan yang tepat dan teratur serta cara memperpanjang nafas ayam aduan yang baik dan benar. Berikut di bawah ini bagaimana cara memperpanjang nafas ayam aduan dijamin manjur sebagai berikut :

1 . Pelatihan fisik

Pelatihan fisik merupakan pelatihan paling dasar yang perlu untuk di lakukan secara rutin pada ayam aduan. Cara memperpanjang nafas ayam aduan yang pertama yakni dengan memancing ayam aduan menggunakan ayam untulan.

Bisa dengan cara kita membawa ayam untulan berlari agar ayam aduan mengejarnya dari belakang. Namun perlu untuk berhati-hati agar kita tidak terkena patukan ayam aduan.

Selain itu juga berikan pelatihan berupa pijatan-pijatan ke seluruh bagian tubuh ayam, khususnya di bagian paha, kaki, punggung dan kepala ayam agar dapat membentuk otot ayam yang keras dan kuat.

2 . Pelatihan Berenang

Cara memperpanjang nafas ayam aduan selanjutnya yakni dengan memberikan pelatihan berenang. Manfaat berenang untuk ayam aduan agar memiliki stamina yang kuat sehingga nafasnya menjadi panjang.

Selain itu, pelatihan berenang juga dapat membentuk otot kaki, otot paha dan memperkuat pukulan ayam aduan serta melenturkan tubuh ayam. Pelatihan berenang kudu rutin di lakukan minimal 2 kali dalam seminggu.

3 . Pemberikan Pakan Makanan dan Jamu

Selain memerlukan pelatihan fisik dan berenang, ayam aduan juga memerlukan pakan makanan dan jamu yang berkualitas sebagai cara memperpanjang nafas ayam aduan. Pakan makanan ayam aduan yang berkualitas yaitu jagung, beras merah, kosentrat murni atau voer, sayuran dan sesekali berikan jangkrik serta makanan tinggi gizi lainnya.

Pemberian jamu ayam aduan juga perlu dilakukan sesuai dosis, agar ayam aduan memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang baik. Agar tidak mudah kelelahan ketika bertemu lawan yang tangguh saat berada di dalam arena sabung ayam.

4 . Memandikan Dan Menjemur Ayam

Ayam aduan juga sangat penting untuk di mandikan dan di jemur setelah selesai memandikannya. Tujuan dari memandikan ayam aduan yakni untuk proses dalam pembentukkan otot ayam menjadi cepat, memperkuat pukulan ayam dan juga tentunya agar ayam lebih bersih dan sehat.

Waktu yang tepat untuk memandikan ayam di saat pagi hari pukul 08:00, cukup sekitar 15 menit saja. Memandikan ayam bukan sekedar basah-basahan, namun balur atau bilas kulit ayam menggunakan kain atau spon yang dibasahi.

Setelah selesai memandikannya, jemur ayam di bawah sinar matahari. Waktu yang tepat untuk menjemur ayam di bawah jam 10:30 cukup sekitar 20-30 menit saja. Tujuan menjemur ayam agar stamina ayam teruji dan dapat terlatih dengan baik nafasnya.

5 . Bungkus paruh ayam

Ketika ayam aduan melakukan pelatihan dengan ayam untulan, berikan pembungkus pada paruh ayam. Tujuannya agar stamina ayam aduan dapat meningkat serta menaikkan mental bertarung pada ayam aduan.

Dengan membungkus paruh ayam aduan, selain melatih staminanya kita juga melatih gaya bertarung ayam agar mempunyai banyak variasi dalam melancarkan pukulan ke lawan tarungnya.

Updated: November 12, 2022 — 3:48 pm