Cara Melatih Ayam Aduan Agar Pukulan dan Mental Kuat

Cara Melatih Ayam Aduan

Watchkopi – Cara Melatih Ayam Aduan Agar Pukulan dan Mental Kuat. Pada artikel ini Watchkopi akan memberikan informasi tentang bagaimana cara melatih ayam aduan agar pukulan dan mental kuat.

Bagi seekor ayam aduan, diperlukan pukulan dan mental kuat agar dapat memenangkan pertarungan di tempat adu ayam atau arena sabung ayam. Oleh sebab itu, jika kita mempunyai ayam aduan yang masih berusia muda tentunya perlu untuk di berikan pelatihan. Baik itu pelatihan fisik maupun pelatihan mental, agar kelak ayam sabung kesayangan dapat menjuarai pertarungan adu ayam.

Sejatinya, ayam bangkok ketika memasuki usia 3 bulan ia akan memiliki naluri dan mental untuk bertarung dengan ayam lainnya untuk memperebutkan wilayah kekuasaannya. Dan naluri untuk bertarung tersebut akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Yang mana puncaknya, ketika ayam aduan yang berkualitas sudah menginjak usia 6 bulan akan semakin terlihat keinginan serta instingnya untuk bertarung sama lain dengan kawan ataupun saudaranya. Namun ada pula ayam jago yang sudah berusia lebih dari 6 bulan namun belum terlihat tanda-tanda keinginan untuk tarung dengan teman sebayanya.

Oleh sebab itu, pada artikel ini Watchkopi akan mengulas bagaimana cara melatih ayam aduan agar pukulan dan mental kuat.

Cara Melatih Mental Ayam Bangkok Yang Masih Muda

Dalam cara melatih mental ayam bangkok yang masih muda di perlukan tahapan seperti di bawah ini :

1 . Pisahkan Dan Isolasi Kandang

Pisahkan ayam aduan usia muda dengan ayam aduan yang sudah usia remaja atau usia dewasa. Umunya ayam aduan usia muda kerap mudah merasa takut dengan ayam yang lebih besar darinya.

Oleh sebab itu , perlu untuk dipisahkan kandangnya agar ia tidak merasa terintimidasi oleh ayam aduan dewasa lainnya. Atau jika diperlukan lakukan isolasi pada ayam aduan tersebut. Cara melatih ayam aduan tersebut dengan cara masukkan ayam tersebut ke dalam kandang isolasi yang tertutup sehingga ia tidak bisa melihat ayam lainnya selama kurang lebih 2 minggu.

2 . Berikan Jamu Ayam Herbal

Cara melatih ayam aduan tersebut selanjutnya yakni, dalam masa isolasi selama 2 minggu tersebut berikan racikan jamu ayam herbal padanya. Racikan jamu ayam herbal yang baik untuk meningkatkan mentalnya yakni berikan campuran kunyit, madu dan gula merah air minumannya.

Penyebab ayam aduan menjadi lemah, salah satunya kemungkinan ia mengalami masalah pada organ dalam tubuhnya. Sehingga membuatnya menjadi pemalas untuk sering mengalah pada ayam jago lainnya. Oleh sebab itu berikan racikan jamu ayam herbal untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya.

3 . Pakan Makanan Hewan Hidup

Berikan pakanan makanan hewan hidup seperti jangkrik dan kodok kecil pada ayam aduan tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan naluri dasarnya sebagai ayam petarung.

Dengan memberikan pakan makanan hewan hidup, instingnya akan menjadi lebih ganas di bandingkan sebelumnya. Biarkan ia mengejar makanan hidupnya tersebut agar tidak menjadi malas di dalam kandang isolasi.

4 . Adaptasi dan Latihan Tarung

Setelah 2 minggu di dalam kandang isolasi, perhatikan secara seksama apakah mentalnya sudah meningkat atau belum. Caranya bisa dengan memperhatikan kokokkannya.

Jika ia berkokok dan suaranya lantang itu sebagai penanda mentalnya sudah cukup kuat untuk di keluarkan dari kandang isolasi dan mencampurnya dengan ayam aduan lainnya. Lakukan latihan tarung secara bertahap, agar mentalnya semakin menguat seiring berjalannya waktu.

Pelatihan Pukulan Ayam

Cara Melatih Ayam Aduan

Setiap ayam aduan perlu untuk dilatih agar bisa menjadi pemenang. Meski ayam bangkok pada dasarnya memang ayam petarung handal, namun tetaplah perlu untuk dilakukan pelatihan demi pelatihan agar dirinya menjadi semakin kuat dan mempunyai pukulan dan mental kuat.

Berikut di bawah ini cara melatih ayam aduan agar pukulan kuat sebagai berikut :

1 . Melatih Otot Kaki

Cara melatih ayam aduan agar memiliki pukulan yang kuat, pertama-tama yakni dengan memberikannya beban pada pergelangan kakinya dan biarkan ia bergerak bebas. Selain itu bisa juga dengan menyatukannya dengan ayam aduan lainnya ke dalam kandang kurungan pendek.

Tujuan dari memasukkannya ke kandang kurungan pendek akan membuatnya menjadi agresif sehingga aktif bergerak dan membuat otot kakinya menjadi terlatih. Lakukan pelatihan secara bertahap agar ia bisa memiliki pukulan mematikan. Apabila ia sudah terlihat lelah bisa di hentikan, berikan istirahat dan lakukan secara rutin setiap harinya.

2 . Melatih Kecepatan

Untuk melatih kecepatan ayam aduan dalam melepaskan pukulan serta kecepatan bergerak bisa di lakukan dengan cara membiarkannya lari memutari kurungan. Bisa dengan cara memasukan ayam jago lainnya ataupun ayam betina ke kandang kurungan. Biarkan ia berlari mengejar ayam bangkok lainnya dalam kurungan tersebut selama kurang lebih 1 jam setiap harinya.

3 . Melatih Lompatan

Cara melatih ayam aduan selanjutnya yakni melatih lompatannya. Bisa dengan cara memasukkannya ke kandang yang atapnya tinggi. Biarkan ia melompat-lompat untuk beberapa saat.

Tujuan dari melatih lompatan agar ia terlatih untuk menghindari serangan lawan dan juga untuk melatih agar ia terbiasa menyerang lawannya di bagian atas seperti leher ataupun kepala lawan tarungnya ketika berada di arena sabung ayam.

Pelatihan ayam aduan , perlu untuk di lakukan secara bertahap. Jangan melatihnya secara berlebihan yang mana hal tersebut akan membuatnya kelelahan dan menjadi takut nantinya. Salam Hobi Sabung Ayam.

Updated: November 13, 2022 — 8:17 pm