Letak Ginjal Pada Ayam Dan Apa Fungsinya?

ginjal ayam

Watchkopi – Pada artikel ini Watchkopi akan membahas tentang ginjal ayam. Apakah jago memiliki ginjal ? Jika iya, dimanakah letak dari ginjal ayam ? Serta apa saja fungsi dari ginjal ayam ?

Pada manusia, ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran dalam darah yang kemudian akan di buang bersama dengan air melalui urine yang di keluarkan oleh manusia.

Bentuk dari ginjal pada manusia menyerupai bentuk kacang dengan ukuran 11 cm pada orang dewasa. Dan letaknya berada di belakang perut abdomen dan berada di kedua sisi kiri dan kanan dari tulang belakang.

Ginjal Ayam

Hewan ayam juga di ketahui mempunyai organ ginjal ayam. Pada ginjal yang normal, umumnya memiliki bentuk agak memanjang dengan warna merah gelap kecoklatan.

Jago diketahui memiliki ginjal yang terdiri dari 3 bagian yang terbagi dalam beberapa subdivisi lobus. Peran dari masing-masing subdivisi lobus tersebut berperanan dalam proses filterasi, reabsorpi serta eksresi urin.

Tiap-tiap subdivisi lobus ginjal terdiri dari 3 hingga 4 lobus, yang mana setiap lobusnya dipisahkan oleh adanya jaringan pengikat dan pembuluh darah.

Fungsi Ginjal Ayam

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh. Baik itu pada manusia maupun pada hewan ayam. Fungsi dari ginjal jago yakni berfungsi dalam menyaring makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Termasuk di dalamnya menyaring zat-zat beracun yang berbahaya bagi tubuh. Seperti yang di ketahui, ayam merupakan hewan pemakan segala seperti biji-bijian, serangga, cacing dan tumbuh-tumbuhan.

Oleh sebab itu, hewan memerlukan ginjal untuk menyaring makanan-makanan yang ia santap setiap harinya. Sama halnya dengan manusia, hewan juga bisa mengalami kerusakan pada ginjal.

Seperti misalnya gangguan ginjal pada jago dapat membuat organ ginjal ayam menjadi abnormal dengan terjadinya urolithiasis. Suatu kondisi dimana terjadi pembengkakkan pada organ ginjal.

Letak Ginjal Ayam

ginjal ayam

Letak dari pada ginjal jago yakni berada di belakang organ hati dan organ ampela dari ayam tersebut. Posisinya berada melekat pada bagian dalam tulang belakang dari ayam.

Jika ada di posisikan dalam posisi telentang, maka letak ginjal berada di sekitar area pangkal paha atas . Atau berada tepat di belakang organ testis pada ayam jantan.

Jago yang mengalami gagal ginjal dapat berakhir fatal seperti kematian. Bagi pecinta ayam jago ada baiknya untuk memperhatikan kebersihan dari makanan dan minuman yang di berikan pada si ayam jago tersebut.

Hal tersebut agar ayam jago kesayangan kita, dapat selalu dalam kondisi sehat dan fit ketika membawanya ke arena sabung ayam. Agar dapat memperbesar kemungkinan ayam aduan memenangi arena pertarungan sabung ayam.

Ginjal Ayam Goreng

Ginjal termasuk dalam jeroan makanan. Bagi kebanyakan orang di Indonesia, jeroan di anggap sebagai makanan yang tidak sehat. Karenanya banyak yang menghindari untuk mengkonsumsi jeroan tersebut.

Namun tidak sedikit juga yang sangat menggemari makan jeroan hewan seperti jeroan hati, ampela dan ginjal. Umumnya jeroan di olah dengan cara di goreng maupun di rebus dengan bumbu rempah-rempah.

Ginjal jago goreng dan soto jeroan banyak di jumpai di berbagai tempat penjual makanan di pinggir jalan dan juga di restoran-restoran.

Untuk di ketahui, di beberapa negara eropa, jeroan hewan seperti otak, usus, jantung, ginjal, paru-paru, dan lidah termasuk dalam kategori makanan mewah loh teman-teman.

Bentuk Ginjal Ayam

ginjal ayam

Ginjal itu sendiri memiliki bentuk agak memanjang dengan ketebalan sekitar kurang lebih 0,5 cm. Untuk lebih jelasnya bisa melihat pada gambar di atas yang merupakan gambar asli daripada ginjal ayam.

Pada gambar di atas merupakan bentuk dari ginjal yang normal, yang dalam artian bukan bentuk dari ginjal yang mengalami urolithiasis. Pada organ ginjal yang mengalami gangguan umumnya akan lebih besar di karenakan terjadinya pembengkakkan.

Updated: November 10, 2022 — 10:22 pm