Cara Tepat Beternak Ayam Bangkok Juara

Ayam Bangkok Juara

Watchkopi – Cara Tepat Beternak Ayam Bangkok Juara. Beternak ayam bangkok juara tentu sedikit berlainan dengan ketika kita memelihara jenis ayam aduan lainnya. Seperti pada ayam jenis mangon, vietnam, ataupun jenis ayam birma. Ternak ayam bangkok juara harus dilakukan dengan benar supaya hasilnya pun dapat lebih maksimal. Oleh karena itu, Watchkopi akan mengulas cara tepat beternak ayam bangkok juara.

Ayam bangkok juara apabila diternak dengan baik akan menghasilkan kualitas yang unggul, sehingga harga jualnya bisa mencapai nilai yang relatif mahal. Kamu harus memperhatikan beberapa hal terkait pemeliharaan ayam bangkok terutama jika ayam bangkok tersebut asli atau import. Berikut dibawah ini cara tepat beternak ayam bangkok juara.

Cara Tepat Beternak Ayam Bangkok

Berikut dibawah ini cara tepat beternak ayam bangkok juara sebagai berikut :

Bibit Unggul

Pilihlah bibit yang berkualitas tinggi supaya peternakan kamu dapat memperoleh ayam bangkok juara. Tingkat kualitas dari babon cetak serta pejantan yang kamu ternak akan berpengaruh pada kualitas anakkan ayam bangkok.

Ciri ayam bangkok betina yang bagus adalah memiliki fisik sehat, tidak adanya cacat, memiliki bulu yang cerah dan umurnya sudah siap untuk dikawinkan.

Ayam bangkok jantan yang mempunyai kualitas terbaik yakni memilik tubuh sehat, berpostur kekar, bersuara keras serta lantang, dan dapat bergerak dengan gesit, selain itu ia juga memiliki bulu bagus, dan usianya sudah mencukupi buat dikawinkan.

Pemberian Pakan Makanan dan Minuman

Kamu dapat memberikan pakan makanan pada hewan ternak sebanyak 2 kali setiap harinya. Gunakan pakan makanan yang terbuat dari campuran beras serta dedak. Tambahkan juga sumplemen dan nutrisi tambahan dengan mencampur pakan makanan dengan tepung ikan, beras merah atappun jagung.

Untuk minuman bisa kamu persiapkan setiap harinya dengan memberikan tambahan pada minumannya. Seperti campuran vitamin, jamu ayam aduan ataupun perasan air jahe dan lain sebagainya, agar energi serta stamina ayam dapat meningkat.

Jangan Menunda Apabila Ayam Sakit

Penyakit ayam merupakan salah satu kendala dalam beternak ayam. Jika dalam peternakkanmu terdapat ayam bangkok yang sakit, segeralah lakukan pengobatan. Jangan membiarkan ayam yang sakit tersebut karena dapat membuatnya menjadi mati ataupun bisa menulari ayam lainnya.

Mencegah terjadinya penyakit adalah cara yang terbaik bisa kita lakukan, dengan cara selalu menjaga kebersihan dari kandang ayam serta memberikan vaksinasi pada ayam.

Perhatikan usia Ayam

Apabila kita adalah peternak ayam bangkok, maka kita harus juga memahami mengenai pembagian usia dari ayam peliharaan kita tersebut. Karena hal tersebut akan mempengaruhi cara perawatan serta cara pengawinan pada ayam peliharaan. Umumnya penggolongan usia ayam adalah sebagai berikut :

  • Usia 0–6 minggu merupakan ayam anakan,
  • Usia 6–12 minggu tergolong anak ayam
  • Usia 12–16 minggu adalah ayam muda
  • Usia 18–68 minggu yaitu ayam dewasa

Memilih Telur dengan Tepat

Proses memilih telur juga sangat penting dalam membantu kamu untuk mengenali anak ayam yang dihasilkan. Apakah itu anak ayam jantan atau betina.

Teman-teman bisa membedakannya dengan cara melihat dari bentuk telur ayam. Apabila telur ayam berbentuk oval dengan sedikit memanjang berarti telur tersebut merupakan bakal anakan ayam jantan. Sedangkan apabila telur ayam berbentuk membulat dan agak pendek berarti kemungkinan merupakan anakan ayam betina.

Kandang Ternak Ayam Bangkok

Ayam Bangkok Juara

Kandang ayam juga merupakan salah satu yang cukup penting dalam peternakkan ayam bangkok juara. Dengan kandang ayam yang aman serta nyaman dan juga berfungsi baik, dapat membuat ayam menjadi betah sehingga dapat tumbuh kembang dengan maksimal.

Berikut di bawah ini ulasan mengenai kandang ayam bangkok yang bagus sebagai berikut :

Bahan Kandang Ayam

Dalam membuat kandang ayam bangkok juara tidak mesti terbuat dari bahan dengan harga mahal, paling penting adalah cara membangun kandang yang benar. Kamu dapat menggunakan bahan kandang seperti dari kayu, bambu, plastik ataupun dari rotan dengan cara menghaluskan tiap sisinya.

Kamu mesti membuat sejumlah kandang yang bermanfaat untuk memisahkan ayam berdasarkan dengan usianya. Terutama bagi kandang ayam bangkok jantan, dengan memberikan sedikit rongga pada bagian bawahnya supaya kotoran ayam dapat mudah untuk di bersihkan.

Ukuran dan Perlengkapan Kandang

Perhatikan juga ukuran kandang ayam dengan memperhatikan usia dan jumlah ayam yang mau di ternakkan. Ukuran kandang ayam yang tepat dapat mencegah terjadinya stress pada ayam dan tidak gampang terjangkit penyakit ayam.

Selain itu, lengkapi kandang ayam dengan tempat untuk minuman, tempat pakan makanan, serta lampu bohlam penghangat ruangan. Pilihlah peralatan yang tepat agar dapat berfungsi dengan optimal.

Cara Tepat Mengawinkan Ayam Bangkok

Ayam bangkok juara yang bagus untuk dikawinkan mesti sudah mencukupi usianya untuk menjalani proses perkawinan. Pada ayam pejantan, usianya minimal sudah mencapai 1 tahun, sedangkan untuk ayam betina dapat memilih yang usianya sekitar 7-8 bulan.

Cara mengawinkan ayam dapat menggunakan teknik tempel, yaitu dengan cara posisi ayam betina di dudukkan tepat di depan ayam pejantan dan kemuian di biarkan agar kedua ayam mau kawin.

Selanjutnya cara kedua bisa dengan cara ayam betina di masukkan ke dalam kandang ayam yang dekat dengan kandang ayam pejantan, kemudian di satukan agar kedua ayam mau untuk kawin dengan sendirinya.

Cara Tepat Dalam Proses Pemeliharaan

Adapun beberapa hal yang penting untuk di perhatikan dalam proses pemeliharaan agar dapat menghasilkan ayam bangkok juara yang berkualitas sebagai berikut.

Menjaga Kebersihan kandang

Dalam beternak ayam bangkok juara terutama yaitu harus memperhatikan kebersihan dari kandang ayam. Seperti tempat pakan makan dan juga minum mesti rutin untuk di bersihkan setiap harinya. Hal tersebut agar ayam bangkok peliharaan tidak mudah terkenan sakit dan dapat tumbuh kembang dengan sehat.

Merawat Sesuai Usia

Dalam proses pemeliharaan beternak ayam bangkok harus memelihara sesuai dengan usia dari ayam bangkok. Agar kebutuhan ayam dapat terpenuhi sesuai dengan usianya. Seperti contohnya kebutuhan ayam bangkok usia 2 bulan akan berbeda kebutuhannya dengan ayam bangkok usia dewasa. Porsi pakan makanan serta tambahan nutrisi juga harus di perhatikan kebutuhannya agar dapat memastikan ayam dapat berkembang dengan optimal.

Perawatan dan Pelatihan

Pemeliharaan ayam bangkok untuk menjadi ayam petarung memerlukan perhatian lebih extra, karena jenis ayam aduan membutuh perawatan serta pelatihan ayam baik secara fisik maupun mental dengan baik.  Ayam bangkok aduan mesti di berikan pelatihan fisik secara rutin, dan juga di jemur setiap harinya.

Waktu yang tepat untuk menjemur di pagi hari sekitar jam 08:00 selama 1 sampai 2 jam, dan juga di mandikan ketika bulunya sudah tumbuh dengan bagus. Cara tersebut dapat menjadikan ayam bangkok peliharaanmu dapat bertarung dengan maksimal ketika berada di arena sabung ayam. Bisa mampir ke situs sabung ayam disini. www.whatsonwindhoek.com

Updated: Desember 5, 2022 — 4:13 pm