Mengenal Ayam Cochin Dari Negeri Tirai Bambu

Ayam Cochin

Watchkopi – Mengenal Ayam Cochin Dari Negeri Tirai Bambu. Dewasa ini, semakin banyak orang yang gemar dalam memelihara jenis ayam hias. Salah satu jenis ayam hias yang paling digemari saat ini yakni ayam cochin. Bagi teman-teman yang mungkin belum mengenal ayam cochin dari negeri tirai bambu bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi.

Ayam cochin merupakan jenis ayam hias yang berasal dari negeri tirai bambu yakni China, dengan ciri khasnya yakni memiliki bulu tebal hingga ke bagian belakang. Selain itu, pada kaki ayamnya juga di tumbuhi oleh bulu ayam. Sehingga penampakan ayam cochin sangat unik dan memiliki keindahan yang membuatnya banyak digemari oleh kebanyakan pecinta ayam hias nusantara.

Kini ayam cochin banyak dikembang biakkan di berbagai negara, salah satunya yakni di Indonesia. Adapun berbagai macam jenisnya yang dikenal dan populer di Indonesia.

Jenis Ayam Cochin

Saat ini terdapat beberapa jenis cochin yang populer di berbagai belahan dunia, yakni sebagai berikut :

1 . Bantam Cochin

Bantam cochin adalah jenis cochin versi kecilnya, ukuran dan penampilannya hampir sama dengan kate serama. Namun bantam cochin memiliki bulu yang lebih tebal dan lebih bulat. Jenis yang satu ini yang paling banyak dipelihara oleh kebanyakan pecinta ayam hias nusantara.

2 . Giant Cochin

Jenis giant cochin memiliki ukuran paling besar di bandingkan dengan jenis cochin lainnya. Postur tubuh hingga penampilan fisiknya hampir serupa seperti jenis ayam hias brahma.

Giant cochin memiliki tinggi badan hampir sama dengan ayam pelung serta mempunyai bulu lebat dan tebal. Selain itu ia juga memiliki banyak daging, oleh sebab itu selain banyak di jadikan ayam hias, giant cochin juga banyak di jadikan sebagai ayam pedaging.

3 . Ayam Cochin Kapas

Cochin kapas memiliki ciri khasnya yakni pada bulunya berwarna putih serta halus seperti kapas. Oleh sebab itu ia di namakan cochin kapas. Postur tubuhnya kurang lebih sama saja dengan jenis cochin lainnya. Dengan bulunya yang panjang serta halus membuatnya menjadi salah satu favorit kebanyakan pecinta ayam.

4 . Cochin Mini

Cochin mini memiliki postur tubuh dan tinggi badan hampir sama dengan bantam cochin. Bedanya pada bagian ekor cochin mini sedikit mendekati arah bagian kepala. Selain itu postur tubuh cochin mini, pada bagian kepalanya agak sedikit kebawah.

Baca Juga >> Sabung Ayam Online

Perbedaan Cochin dan Brahma

Ayam Cochin

Perbedaan antara cochin dan brahma paling terlihat jelas yakni berada pada bagian jenggernya. Pada cochin jenggernya berbentuk seperti sisir sedangkan pada brahma jenggernya menyerupai telon.

Berikut di bawah ini perbedaan lainnya untuk lebih mengenal cochin dari negeri tirai bambu sebagai berikut :

  • Cochin memiliki bulu lebih tebal serta mempunyai variasi warna lebih banyak seperti putih, hitam , coklat dan lain sebagainya.
  • Dalam hal produktivitas telur, cochin lebih sedikit menghasilkan telur di bandingkan dengan brahma.
  • Cochin betina lebih rajin mengerami telurnya.
  • Brahma betina lebih banyak menghasilkan banyak telur dibandingan dengan cochin betina.

Harga Ayam Cochin

Dengan keindahan bulunya serta keunikan bentuk dan postur tubuhnya, membuat ayam hias satu ini sedikit lebih mahal di bandingkan dengan jenis ayam hias lainnya. Adapun harganya yakni sebagai berikut :

  • Usia satu Bulan Rp 400.000 per ekor
  • Usia dua Bulan Rp 500.000 per ekor
  • Usia tiga Bulan Rp 600.000 per ekor
  • Usia empat Bulan Rp 800.000 per ekor
  • Betina usia 5 Bulan Rp 1.000.000 per ekor
  • Jantan usia 5 Bulan Rp 1.100.000 per ekor
  • Indukan betina Rp 1.500.000 per ekor
  • Indukan Jantan Rp 1.600.000 per ekor

Demikian ulasan mengenal ayam cochin dari negeri Tirai Bambu lengkap beserta dengan harganya berdasarkan usia dan jenis kelaminnya.

Updated: November 25, 2022 — 7:04 pm