Kandang Ternak Ayam Bangkok Minimalis Sederhana

Kandang Ternak Ayam Bangkok

Watchkopi – Kandang Ternak Ayam Bangkok Minimalis Sederhana. Dalam pemeliharaan ayam bangkok yang berkualitas, selain pakan makanan dan minum kita juga perlu untuk memperhatikan kenyamanan dari kandang ayam. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini Watchkopi akan mengulas mengenai kandang ternak ayam bangkok minimalis sederhana.

Dewasa ini banyak peternak ayam bangkok menggunakan konsep minimalis dan juga sederhana untuk kandang ternak ayam bangkok peliharaannya. Hal tersebut lantaran konsep minimalis dan sederhana membuat kandang ayam menjadi lebih natural dan alami sehingga ayam akan menjadi nyaman.

Ketika seekor ayam nyaman dengan tempat tinggalnya, maka ia akan terhindar dari stress. Dengan demikian, tingkat produktivitas ayam juga otomatis akan meningkat dengan sendirinya. Maka dari itu, penting bagi kita yang ingin beternak ayam bangkok untuk memperhatikan kenyamanan kandang yang akan kita pilih nantinya.

Bahan Untuk Membuat Kandang Ayam

Dalam menghasilkan ayam bangkok berkualitas, pemilihan bahan untuk membuat kandang ayam juga perlu untuk diperhatikan. Hal tersebut bertujuan agar, kandang ternak ayam bangkok yang akan dibangun nantinya dapat memberikan kenyaman, keamanan serta tahan untuk waktu lama.

Untuk bagian atap kandang ayam, di rekomendasikan terbuat dari bahan asbes, plastik, galvalum ataupun dari genteng. Apabila berkeinginan untuk memelihara ayam bangkok dalam jumlah banyak di sarankan untuk menggunakan bahan asbes agar lebih murah dan tahan lama.

Sedangkan untuk bagian pembatas kandang, teman-teman bisa menggunakan bahan terbuat dari bambu. Selain minimalis sederhana juga dapat menekan biaya dan menjadi lebih ekonomis dibandingkan menggunakan bahan lainnya.

Ukuran Kandang Ayam Bangkok

Kandang Ternak Ayam Bangkok

Apabila sudah menentukan jenis bahan kandang yang digunakan, langkah selanjutnya yakni mengetahui ukuran kandang ayam bangkok yang tepat. Hal tersebut bertujuan agar ayam aduan dapat beradaptasi dan berkembang dengan baik. Jika ayam jago mendapatkan ukuran kandang yang sesuai dengan postur dan karakternya sebagai ayam petarung.

Standar ukuran kandang untuk 1 ekor ayam bangkok dewasa yakni 75 cm x 75 cm x 75 cm, namun apabila memiliki lahan lebih bisa membuatnya dengan ukuran lebih besar sedikit. Dengan ukuran 80 cm x 80 cm x 90 cm agar dapat tumbuh kembang lebih optimal.

Jika memerlukan kandang ayam untuk ayam betina atau anak ayam usia muda di bawah 3 bulan bisa memberikan kandang ayam dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 70 cm.

Baca Juga >> Sabung Ayam Online

Kandang Ternak Ayam Bangkok Minimalis

Dalam pembuatan kandang ternak ayam bangkok minimalis sederhana, langkah pertama yang perlu di lakukan yakni membangun dasar kandang. Seperti alas kandang, pagar pemisah dan atap kandang.

Pemilihan alas kandang juga penting untuk diperhatikan, pilih alas kandang yang kering dan dapat menyerap kotoran ayam seperti serbuk gergaji, jerami padi, pasir, sekam padi dan lainnya.

Desain kandang ternak ayam bangkok minimalis sederhana cukup banyak di gunakan yakni berbentuk umbaran terbatas. Di sertai dengan atap asbes sebagai tempat bagi ayam tarung untuk berteduh di kala siang hari dan saat hujan.

Kandang Umbaran Ayam Bangkok

Untuk beternak ayam bangkok, memerlukan kandang umbaran ayam bangkok dengan metode umbaran terbatas. Dengan demikian akan memudahkan ayam jantan kawin dengan ayam betina sehingga akan menghasilkan kualitas yang baik.

Ukuran yang di rekomendasikan untuk kandang umbaran ayam bangkok yakni minimal panjangnya 150 cm – 175 cm dan lebarnya 100 cm – 150 cm. Bahan bahan yang di gunakan dalam pembuatan kandang umbaran ayam bangkok bisa menggunakan bahan kawat ram, kayu, jaring dan bambu.

Updated: November 22, 2022 — 10:04 pm